ALOGARITMA

Posted: Minggu, 12 Januari 2014 by Unknown in
0



ALOGARITMA

            Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Dalam alogaritma terdapat sebuah pertimbangan dimana pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah, pertama, algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikan keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma, kalau memberikan keluaran yang salah,
pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik. Kedua, yang harus diperhatikan adalah kita harus mengetahui seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma. Dengan mempertimbangkan hasil yang kita lakukan di kedepannya membantu kita mencapai hasil yang lebih baik. Ketiga adalah efisiensi algoritma. Efisiensi algoritma dapat ditinjau dari 2 hal yaitu efisiensi waktu dan memori. Meskipun algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi jika kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat.
            Dan alogaritma ini sangat cocok untuk di terapkan dalam pemecahan masalah dalam sehari-hari, bagaimana memberikan solusi terbaik untuk mencapai tujuan yang baik. Contoh penggunaan alogaritma dalam kehidupan sehari-hari adalah “cara membuat nasi goreng”. Berikut langkah-langkahnya :
1.      Siapkan Bahan-bahan yang diperlukan seperti Nasi, Kecap/saos, penyedap rasa, dan minyak
2.      Siapkan peralatan yang diperlukan seperti wajan, sutil, kompor.
3.      Masukkan minyak goreng sebanyak 2 sendok teh.
4.      Hidupkan kompor, kemudian masukkan bawang secukupnya lalu masukkan nasi secukupnya, aduk hingga merata
5.      Tambahkan saos/kecap secukupnya sesuai selera anda. Aduk hingga merata.
6.      Tunggu beberapa menit, lalu angkat dan tuangkan di Piring
7.      Nasi goreng pun siap di sajikan

Sedangkan dalam pemograman contoh penggunaan Algoritma adalah dalam pembuatan program pada bahasa pemrograman seperti bahasa C, C#, dan Visual Basic. Dengan syntax pada tiap bahasa pemrograman dan Algoritma, maka akan tersusun program-program dan terlahirlah software. Adapun beberapa software penunjang alogaritma, sebagai berikut :

Ø Turbo Pascal for Windows dan Turbo Pascal versi 7.1 (Update) 
 
Adalah Software dan Aplikasi Pendukung dan Penunjang untuk membuat Algoritma dengan Pascal. Turbo Pascal adalah sebuah sistem pengembangan perangkat lunak yang terdiri atas kompiler dan lingkungan pengembangan terintegrasi (dalam bahasa inggris: Integrated Development Environment - IDE) atas bahasa pemrograman pascal untuk sistem operasi CP/M, CP/M-86, dan MS-DOS.


Terdapat beragam klasifikasi algoritma dan setiap klasifikasi mempunyai alasan tersendiri. Salah satu cara untuk melakukan klasifikasi jenis-jenis algoritma adalah dengan memperhatikan paradigma dan metode yang digunakan untuk mendesain algoritma tersebut. Beberapa paradigma yang digunakan dalam menyusun suatu algoritma akan dipaparkan dibagian ini. Masing-masing paradigma dapat digunakan dalam banyak algoritma yang berbeda.
  • Divide and Conquer, paradigma untuk membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan-permasalahan yang lebih kecil. Pembagian masalah ini dilakukan terus menerus sampai ditemukan bagian masalah kecil yang mudah untuk dipecahkan. Singkatnya menyelesaikan keseluruhan masalah dengan membagi masalah besar dan kemudian memecahkan permasalahan-permasalahan kecil yang terbentuk.
  • Dynamic programming, paradigma pemrograman dinamik akan sesuai jika digunakan pada suatu masalah yang mengandung sub-struktur yang optimal dan mengandung beberapa bagian permasalahan yang tumpang tindih . Paradigma ini sekilas terlihat mirip dengan paradigma Divide and Conquer, sama-sama mencoba untuk membagi permasalahan menjadi sub permasalahan yang lebih kecil, tapi secara intrinsik ada perbedaan dari karakter permasalahan yang dihadapi.
  • Metode serakah. Sebuah algoritma serakah mirip dengan sebuah Pemrograman dinamik, bedanya jawaban dari submasalah tidak perlu diketahui dalam setiap tahap; dan menggunakan pilihan "serakah" apa yang dilihat terbaik pada saat itu.

0 komentar: